Disbun Inhil Mulai Merealisasikan Program   Pengembangan Kelapa Terpadu di Desa Sungai Gantang

KILASRIAU.com  - Untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemkab Inhil melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir tengah merealisasikan Program Pengembangan Kelapa Terpadu yang pembiayaannya dari APBN dan APBD Kabupaten.

Program Pengembangan Kelapa Terpadu itu sendiri merupakan program dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan  yang implementasinya tentang peremajaan Kelapa dan didukung dengan Kegiatan Pembangunan Trio Tata Air yaitu Tanggul Mekanik.

"Sekarang kita telah melakukan peremajaan kelapa di Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas dengan luas lebih kurang 500 hektar dan ini kita dapat program dari kementerian pertanian melalui dirjen perkebunan itu tentang peremajaan Kelapa," terang Kadisbun Inhil  Sirajuddin melalui Seketaris Disbun Sutarno Wandoyo, Jum'at  (27/11).

Lebih lanjut Wandoyo menuturkan, tujuan dari peremajaan ini salah satunya ialah  untuk membantu masyarakat dalam melakukan budidaya kelapa dalam dg dukungan saprodi sesuai dengan rekomendasi dan bibit unggul bersertifikat khusus di Sungai Gantang Kecamatan Kempas dan umum nya di Kab Inhil untuk menjadi percontohan untuk ke depannya.

"Jika kita berbicara tentang peremajaan kelapa, yang harus diperhatikan ialah trio tata air. Dan tak kalah penting juga Tanggul mekanik, pintu klep, dan saluran. Pada kegiatan yang sedang berjalan ini kami sedang melaksanakan pekerjaan tanggul mekanik," ujarnya.

Sekretaris Disbun ini berharap, dengan terlaksananya program peremajaan kelapa dalam seluas 500 Ha dan Tanggul Mekanik sepanjang 20 Km sebagai penunjang prasarananya, maka daerah ini ini bisa dijadikan percontohan kebun kelapa dalam sekaligus untuk menjawab pertanyaan tamu dari luar mengenai dimana lokasi kebun kelapa dalam di Inhil yang dikenal sebagai Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia. Hal ini juga sejalan dengan motto Bapak Bupati Inhil. Lokasinya yang berada di Pintu Gerbang Inhil menjadikan lokasi ini cukup strategis dan mudah diakses untuk dijadikan percontohan Kebun Kelapa Dalam di Inhil. 

"Ini juga merupakan pintu gerbang Kabupaten Inhil karena Bpk Bupati kita sering menerima tamu baik dari provinsi, pusat, sering menanyakan dimana perkebunan kelapa yang namanya hamparan kelapa dunia, padahal kita tau bahwa perkebunan kelapa di Inhil berada di dalam, maka dari itu, langkah awalnya adalah program Pengembangan kelapa terpadu ini dilaksanakan dan tentunya akan terus berlanjut," tambahnya.






Tulis Komentar